Tanda Freon AC Mobil Habis dan Harus Isi Ulang - GreenOTO

Tanda Freon AC Mobil Habis dan Harus Isi Ulang – Kenyamanan sebuah mobil akan semakin terasa ketika anda memasang ac di dalamnya. Keberadaan ac ini sangat mempengaruhi suasana dalam mobil.Ac yang dipasang dalam mobil mampu memberi kesejukan kepada para penggunanya sehingga tidak merasa kepanasan ketika berada dalam jangka waktu tertentu dalam mobil.Namun demikian anda perlu rajin melakukan cek up terhadap Freon ac mobil agar ketika benar-benar habis, anda dapat melakukan pengisian tentunya agar mobil anda tetap terasa nyaman.Nah ternyata ada beberapa tanda Freon ac mobil habis yang dapat dengan mudah anda kenali.
Sebelum menguraikan beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Freon ac mobil sedang habis, sebenarnya secara otomatis anda akan dapat merasakan hal yang berbeda pada mobil anda. Mobil yang biasanya memiliki suhu udara yang sejuk dan cenderung dingin akan berubah menjadi panas dan pengap. Indikasi pertama inilah yang akan menunjukkan tanda Freon ac mobil habis dan harus segera diganti. Tanda lain yang dapat anda kenali adalah tidak berputarnya kipas ac meskipun anda telah menyalakan saklar ac mobil ke posisi on. Kipas yang tidak mau berputar ini sangat jelas menunjukkan bahwa Freon ac mobil anda sudah habis.

Tanda Freon ac mobil habis yang selanjutnya adalah kompresor ac yang tidak mau berputar seperti biasanya. Meski anda menghidupkan ac mobil berkali-kalipun, kompresornya tidak akan menyala dan tentunya udara dalam mobil tidak akan terasa dingin. Anda juga dapat mengenali habisnya Freon ac mobil dengan munculnya gelembung udara yang berwarna pink pada kaca pemeriksa Freon.Kaca ini terletak pada bagian receiver drier.Ketika gelembung ini muncul, maka memang ada harus siap-siap mengganti Freon ac mobil anda.Ada satu lagi tanda yang menunjukkan bahwa Freon ac mobil habis, yakni keluarnya angin yang berbeda rasanya dengan angin-angin ac mobil pada biasanya.Angin ini cenderung tidak fresh sehingga membuat anda yang berada di dalam mobil merasa tidak nyaman.
Cara mengganti Freon ac mobil yang habis
Ketika mendapati tanda Freon ac mobil habis, anda dapat melakukan pengisian ulang Freon secara mandiri tanpa harus membawanya ke bengkel khusus.Cara penggantian Freon ac mobil yang habis ini tergolong mudah untuk anda praktekkan. Langkah pertama adalah dengan mengosongkan sisa-sisa Freon yang masih ada pada ac. Lanjutkan dengan menutupkan katup manifold gauge lalu hubungkanlah katup tersebut dengan selang yang berwarna merah ke nipel bertekanan tinggi dan juga selang biru yang bernipel tekanan rendah. Sementara itu untuk selang berwarna hijau dapat anda hubungkan dengan pompa vakum. Lihatlah ukuran pada vakum gauge dan ketika sudah menunjukkan 600 mmhg, maka anda dapat membuka katup manifold yang lain.
Langkah selanjutnya, anda dapat melihat vacuum gauge dan pastikan bersih dari uap. Periksa angkanya jika sudah mencapai 750 mmhg maka diamkan selama 30 menit kemudian barulah anda dapat menutup kedua katup manifold yang tadi anda buka. Dengan demikian Freon ac mobil anda akan terisi kembali seperti semula. Jadi ketika anda mengalami tanda Freon ac mobil habis, cara yang kami paparkan tersebut dapat anda lakukan sebagai alternative yang tepat.
Nah bagaimana, mudah bukan untuk dapat mengetahui tanda-tanda Freon ac mobil habisserta bagaimana cara mengisinya kembali. Dengan demikian anda tidak perlu bingung dan kepanasan lagi di dalam mobil ketika Freon ac mobil sedang habis.
Tanda Freon ac mobil habis sangat mudah untuk dikenali sehingga ketika tanda-tanda ini muncul, anda dapat segera mengisi ulang Freon ac mobil anda.

Source : http://otomaniaz.com
Tanda Freon AC Mobil Habis dan Harus Isi Ulang - GreenOTO Tanda Freon AC Mobil Habis dan Harus Isi Ulang - GreenOTO Reviewed by GreenOTO on 2:34:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.