Tips Pemakaian AC Mobil Yang Benar

Hal ini mungkin sangat sederhana bagi sebagian orang yang sudah paham tentang fungsi tombol-tombol pada panel ac mobil dan mungkin melihat judul diatas anda menyepelekan dan menganggap biasa saja, namun bila kita tidak melakukan prosedur pemakaian atau penggunaan ac mobil dengan benar, tentu akan memperpendek usia komponen spare part ac mobil. Berikut tipsnya yang sekiranya dapat bermanfaat:

  • Gunakan sesuai waktu pemakaian, maksudnya adalah apabila anda melakukan perjalanan jauh dan berkendara berjam-jam lamanya. maka sebaiknya atur suhu tempratur ac mobil anda pada posisi separuh (jangan pada posisi maksimal) hal ini dimaksudkan agar kompresor ac mobil tidak terus berkerja dan dapat rehat sejenak, karena kompresor yang terus berkerja akan membuat suhu cepat dingin dan terjadi beku pada evaporator sehingga menghasilkan dingin yang tidak maksimal, dan juga akan meperpendek usia kompresor itu sendiri.
  • Contoh gambar pada panel digital (pengaturan pada posisi separuh):
  • Sebaliknya bila anda hanya berkendara sebentar atau tidak lebih dari tiga puluh menit maka tidak masalah jika tempratur pada posisi maksimal, penyetelan tempratur pada posisi maksimal adalah agar compressor cepat menghantarkan dingin pada kabin, terlebih jika mobil anda terparkir lama pada terik matahari maka pastinya kabin mobil anda akan ikut panas dan tentu ac mobil akan bekerja lebih lama memerlukan proses untuk memberikan dingin pada ruang kabin mobil.
  • Contoh gambar pengaturan posisi max pada panel digital:
  • Paham pengaturan fungsi tombol pada panel ac mobil, pengaturan yang baik akan menghasilkan dingin yang maksimal. gunakan angin dalam agar sirkulasi pendinginan menjadi cepat dan sebaiknya pengaturan speed blower ac (kecepatan putaran kipas ac mobil) pada posisi satu atau dua saja (istilah saya angin sepoi-sepoi), karena angin kecil akan lebih sejuk ketimbang anda menggunakan agin kencang. sebagai ilustrasi: coba anda tiup perlahan telapak tangan anda dan kemudian tiup kencang telapak tangan anda, lebih terasa sejuk ditiup perlahan bukan.
  • Contoh gambar pengaturan low speed dan angin dalam pada panel digital: 
  • Mengerti fungsi Thermostat (termostat), pengertian termostat adalah alat untuk pengatur suhu tempratur yang apabila dingin sudah pada titik yang kita atur dan kemudian termostat akan mengcutting (menghentikan sementara) kerja kompresor ac mobil. fungsi termostat sangat penting untuk mengatur kerja kompresor, jika thermostat ini gagal berfungsi maka akan terjadi beku dan kompresor akan cepat rusak.
  • Contoh gambar tombol termostat pada panel digital:
  • Matikan ac mobil terlebih dahulu ketika anda akan mematikan mesin mobil, begitu pula saat anda akan menyalakan mesin mobil baru kemudian ac dihidupkan. pemakaian yang keliru dapat berakibat beban tegangan listrik mobil menjadi tinggi dan tidak stabil dan akan berdampak secara perlahan. kasus ini memang tidak langsung terjadi, tetapi bila sering dilakukan prosedur yang salah maka aki mudah tekor dan bisa berakibat pada sistem kelistrikan lainnya.
  • Sering menggunakan ac mobil meskipun mobil jarang digunakan, setidaknya nyalakan setiap hari selama lima menit agar gas pendingin freon tidak mengendap dan terjadi sirkulasi. Banyak orang salah kaprah yang mengira bawah bila jarang menggunakan ac mobil malah akan lebih awet. Sebenarnya salah besar, karena ac yang jarang digunakan akan membuat gas freon mengendap dan memuai yang berakibat ac mudah bocor serta keropos.
Pemahaman akan ac mobil mungkin sangat sederhana bagi anda dan tidak mau repot untuk mengetahuinya, bila ada kerusakan atau masalah kecil tinggal bawa ke bengkel ac mobil saja beres. tetapi perlu dingat kerusakan yang terjadi tidak hanya dari kualitas spare part komponen ac mobil melainkan yang sering terjadi karena salah prosedur pemakaian yang secara perlahan malah memperpendek usia komponen ac mobil anda.
Demikian sedikit tips yang dapat saya sampaikan mengenai tips prosedur pemakaian ac mobil yang benar, kiranya dapat bermanfaat bagi sobat Corner. Silahkan baca juga artikel terkait lainnya cara mudah mendeteksi ac mobil tidak dingin




Source : http://dhanzcorner.blogspot.com
Tips Pemakaian AC Mobil Yang Benar Tips Pemakaian AC Mobil Yang Benar Reviewed by GreenOTO on 1:38:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.