Cara mudah mendeteksi AC Mobil tidak dingin hanya 2 (dua) langkah

Cara mudah mendeteksi AC Mobil tidak dingin hanya 2 (dua) langkah


Jalanan macet, panas terik, dan ac mobil tidak dingin mungkin membuat anda menjadi cepat emosi, atau mobil anda lama nangkring digarasi karena ac tidak berfunsi dengan baik. tidak perlu khawatir, bagi anda yang memiliki masalah Air Conditioner/ac mobil tidak dingin akan saya sampaikan tips sederhana untuk pengecekan atau mendeteksi penyebab ac mobil tidak dingin atau tidak berfungsi dengan baik yang sekiranya dapat membantu mengatasi dan mengetahui solusi yang dapat anda lakukan. Berikut tips nya:

1. Pengecekan pada sistem pendingin dan kelistrikan ac mobil.
  • Nyalakan mesin mobil dan kemudian ac mobil anda  pastikan semua panel tombol penganturan ac mobil (blower/kipas dan termostat) sudah menyala dengan baik. langkah berikutnya adalah raba kisi-kisi angin dengan telapak tangan anda, apakah angin terasa kencang atau sedang atau hanya samar-samar. Umumnya ciri ac mobil yang kotor,  pada pengaturan putaran kipas tombol nomor angin satu, angin terasa dingin tapi tendangan kipas lemah/kecil, dan apabila diatur pada tombol putaran angin maksimal maka suara kipas terdengan dengung. lakukan service atau cuci ac mobil untuk solusi masalah ini. (untuk lebih yakin dan memastikan hasil maka lakukan cara kedua).
  • contoh gambar kisi-kisi angin pada dasbor mobil:
  • Langkah selanjutnya setelah poin diatas telah dilakukan, maka apabila angin kipas dan pengaturan ac mobil sudah pada posisi benar dan menyala dengan baik, akan tetapi kondisi angin kipas tidak terasa dingin atau tidak ada angin sama sekali (mati),  kemungkinan masalah ac mobil anda ada pada sistem kelistrikan. hal yang dapat anda lakukan untuk pengecekan adalah buka kap mesin mobil anda. kemudian cek centerpiece head kompresor ac mobil, apakah pada posisi berputar/menyala dengan baik. Perhatikan gambar dengan baik tanda panah centerpiece head kompresor ac apa berputar bersamaan dengan v-belt mesin (ingat mesin mobil pada posisi menyala dan panel ac sudah menyala semua).
  • contoh gambar centerpiece kompresor ac mobil:

  • Bila centerpiece head tidak berputar maka bisa jadi kerusakan pada sistem kelistrikan ac mobil atau freon (gas pendingin) habis dan mungkin ada kebocoran pada komponen ac mobil anda. cara ini perlu didukung lagi yaitu dengan pengecekan pada komponen ac mobil agar hasil lebih akurat. 
2. Pengecekan pada komponen ac mobil.
  • Langkah berikutnya setelah anda mengecek sistem kelistrikan adalah pengecekan pada komponen pipa kapiler 5/8 dan pipa kapiler 5/16. Pipa kapiler 5/8 berukuran besar dan umumnya terdapat pentil pengisian dengan logo pada tutup pentil pengisi bertuliskan huruf L (low). rabalah pipa 5/8 tersebut apakah dingin atau tidak. dan cek juga pipa kapiler 5/16 berukuran kecil dan berlogo pada tutup pentil H (high), rabalah apakah panas atau tidak. 
  • Simak gambar: 
  • Apabila pipa kapiler 5/8 dingin dan berair dan pipa 5/16 panas maka sirkulasi ac normal saja, bisa jadi ac kotor dan perlu dilakukan service ac (cuci evaporator). bila tidak normal maka ada kebuntuan pada sirkulasi sistem ac mobil anda.
Demikian cara mudah dan sederhana pengecekan pada ac mobil, cara diatas dimaksudkan agar anda lebih paham mengenai cara kerja ac mobil dan solusi umum masalah kerusakan, tetapi bila sudah mengetahui kerusakan yang ada dengan langkah tersebut diatas. Sebaiknya serahkanlah problem kerusakan tersebut kepada ahlinya yaitu bengkel spesialis ac mobil yang anda kenal dan percayai. Tidak disarankan untuk bereksperimen memperbaiki sendiri terutama pada sistem kelistrikan, karena dapat berdampak fatal pada seluruh sitem komponen listrik lainnya dan tentu anda akan merogoh kocek yang lebih dalam untuk perbaikan.


Source : http://dhanzcorner.blogspot.com
Cara mudah mendeteksi AC Mobil tidak dingin hanya 2 (dua) langkah Cara mudah mendeteksi AC Mobil tidak dingin hanya 2 (dua) langkah Reviewed by GreenOTO on 1:20:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.