DIY : reset ECU
Dari baca2 di forum, kalau ECU mobil
mempelajari karakter mengemudi dan menyimpannya di memory. Tapi newbie
sendiri kok ndak yakin yah sampe secanggih itu, yang newbie tangkap
adalah ECU mendeteksi terjadinya knocking/glitik lewat knock sensor dan
memundurkan timing pengapian (retard ignition timing). Derajat retard
timing ini yang disimpan di ECU. Timing pengapian semakin maju (advance)
akan menghasilkan tenaga yang lebih baik, sedangkan bila mundur
(retard) akan menghasilkan tenaga yang kurang; tetapi bila terlalu maju
bisa menimbulkan gejala knocking / glitik, dimana ini tentu tidak baik
untuk mesin bahkan merusak. Banyak hal yang membuat mesin kita menjadi
glitik seperti kotor, busi sudah lemah dsb. Meski demikian ECU termasuk
pintar sehingga dia dapat mengadaptasi perubahan (tentu dalam tolerasi
range tertentu) supaya mesin tetap aman tanpa gelitik. Kalau kita
melakukan "tune up" diharapkan kondisi mesin kembali prima, sayangnya
ECU tidak serta merta mengadaptasi perubahan tersebut akibat ECU
menyimpan catatan retard timing.
Nah, dengan kita mereset ECU diharapkan catatan retard tersebut hilang dan setting timing kembali ke standard pabrikan; bila kebetulan sebelumnya ECU banyak melakukan retard timing maka bisa jadi dengan mereset ECU kita akan merasakan efek tenaga, tapi bila ternyata kondisi mesin tidak memungkinkan untuk timing kembali ke standard pabrikan (masih penuh kerak dsb) bisa jadi malah kita lebih sering mendengarkan bunyi knocking dan tentu si ECU mulai mencatat lagi berapa derajat timing pengapian mesti dimundurkan.
Ya itu sih yang newbie tangkap, bisa jadi salah, namanya aja newbie ;) Meski demikian biasanya setiap newbie melakukan DIY tune up, selalu newbie reset ECU nya.
Disclaimer : Resiko ditanggung penumpang. Untuk kendaraan Eropa yang "katanya" ada prosedur khusus untuk penggantian aki, newbie tidak menyarankannya meski pastinya newbie sendiri tidak tau.
Cara reset ECU ada yang melakukan dengan melepas kabel negatif pada Aki selama beberapa menit, mungkin minimal 30 menit.
Di DIY kali ini newbie pakai cara lain, silahkan disimak. Keuntungan cara ini alarm bisa tetap kita aktifkan, jadi kita bisa meninggalkan mobil dengan posisi ECU off (tentu saja ga bisa distater) tetapi alarm tetap on.
Nah, dengan kita mereset ECU diharapkan catatan retard tersebut hilang dan setting timing kembali ke standard pabrikan; bila kebetulan sebelumnya ECU banyak melakukan retard timing maka bisa jadi dengan mereset ECU kita akan merasakan efek tenaga, tapi bila ternyata kondisi mesin tidak memungkinkan untuk timing kembali ke standard pabrikan (masih penuh kerak dsb) bisa jadi malah kita lebih sering mendengarkan bunyi knocking dan tentu si ECU mulai mencatat lagi berapa derajat timing pengapian mesti dimundurkan.
Ya itu sih yang newbie tangkap, bisa jadi salah, namanya aja newbie ;) Meski demikian biasanya setiap newbie melakukan DIY tune up, selalu newbie reset ECU nya.
Disclaimer : Resiko ditanggung penumpang. Untuk kendaraan Eropa yang "katanya" ada prosedur khusus untuk penggantian aki, newbie tidak menyarankannya meski pastinya newbie sendiri tidak tau.
Cara reset ECU ada yang melakukan dengan melepas kabel negatif pada Aki selama beberapa menit, mungkin minimal 30 menit.
Di DIY kali ini newbie pakai cara lain, silahkan disimak. Keuntungan cara ini alarm bisa tetap kita aktifkan, jadi kita bisa meninggalkan mobil dengan posisi ECU off (tentu saja ga bisa distater) tetapi alarm tetap on.
Yang dibutuhkan :
- mobil berECU :D
- fuse puller (bawaan aerio)
Step-step (di mobil aerio/next g):
- Buka pintu supir, di sebelah kanan setir agak kebawah terdapat kotak fuse. Buka penutupnya, akan nampak deretan fuse, nah di pojok kiri bawah dari kotak yang terbuka tersebut terdapat semacam "pinset" dari plastik, silahkan cabut saja, tara....... anda mendapatkan sebuah fuse puller :D Berikutnya buka kap mesin dan sangga dengan penyangga yang ada.
- Perhatikan kotak2 hitam di belakang aki, terdapat dua kotak :
persegi panjang dan bujursangkar. buka penutup kotak yang persegi
panjang. (gambar berikut adalah kotak fuse persegi panjang di ruang
mesin yang dimaksud; penutup nya sudah dibuka; terihat juga plastik
berwarna biege dan ada plastik hitam di atasnya; plastik biege tersebut
adalah penutup kotak fuse di kabin sebalah kanan supir, dan plastik
hitam itu adalah fuse puller yang tersimpan di dalamnya) .
gambar 1
- Cabut fuse biru menggunakan fuse puller (15 Ampere - ada angka 15 di atasnya), fuse ini adalah fuse no 2 dari tengah, silahkan perhatikan foto berikut, soket putih di bawahnya adalah soket asal fuse tersebut terpasang.
gambar 2
gambar 3
- Diamkan setidaknya 10 menit, atau biasanya newbie lakukan adalah mencabut sebelum melakukan tune up, setelah selesai baru memasang kembali. Jangan lupa fuse puller kembalikan ke tempat semula biar tidak hilang :D
Source : http://otodiy.blogspot.com
GreenOTO
" Specialis Ac Mobil "
WorkShop - Jakarta Timur ( Klender )
Rukan Duren Sawit Center
Jl.Dermaga Raya No:8 b
Jakarta Timur
( samping Pasar Otomotif Klender )
Another Contact
Service Ac Mobil - GreenOTO
Bengkel Ac Mobil - GreenOTO
Ym: Hendra_twin@yahoo.com
Fb : www.facebook.com/GreenOTO
www.GreenOTO.Net
Pin BB : 29D4BCC6
www.GreenOTO.blogspot.com
email : hendra.greenway@gmail.com
Hp: 081947336929
Work Shop : 021-86611342
hp murah meriah : 021-92405888
Cara Reset Ecu Mobil - GreenOTO
Reviewed by GreenOTO
on
12:26:00 PM
Rating:
Tidak ada komentar: