Tips Merawat AC Mobil Nissan Anda - GreenOTO

  • ac nissan teana

Tips Merawat AC Mobil Nissan Anda

by Salva on December 10, 2012
Adalah dambaan setiap orang untuk mendapatkan rasa nyaman serta wangi yang sejuk saat memasuki mobilnya. Untuk bisa merasakan hal itu maka anda perlu merawat AC mobil Nissan anda karena udara yang sejuk adalah hasil dari kerja AC tersebut. Semakin rajin anda merawat AC mobil Nissan anda maka semakin bagus dan tahan lama kualitasnya. Untuk merawat AC mobil Nissan anda maka ada baiknya anda membaca tips berikut :
1. Jagalah kebersihan kabin
Untuk menghindari bau yang tidak sedap saat AC pertama kali dihidupkan maka anda perlu merawat kebersihan kabin. Bersihkan kabin dari kotoran dan debu, jangan lupa untuk membersihkan karpet lembar yang berada di depan karena kotorannya akan tersedot masuk kedalam evaporator dan menyebabkan spora dan jamur berkembang biak. Selain menyebabkan bau yang tidak sedap hal ini juga tidak baik untuk kesehatan anda. Gunakan juga parfum mobil yang berkualitas untuk kendaraan anda.
2. Bersihkan Condensor AC
Semprotkan air kencang ke Condesor AC saat mencuci mobil Nissan untuk mengangkat kotoran dan debu yang menempel. Jika hal itu dibiarkan maka kotoran akan mengeras dan mengakibatkan keropos serta korosi yang berakibat pada bocornya bagian condensor.
3. Parkir di tempat yang teduh
Jika anda berniat memarkir kendaraan anda cukup lama maka sebaiknya anda mencari tempat teduh. Parkir di tempat panas dapat menyebabkan ruangan cukup panas dan beban pendinginan meninggi saat mobil berjalan.
4. Periksa ExtraFan (kipas didepan Condensor)
Pastikan anda memeriksa ExtraFan secara berkala untuk menghindari meledaknya selang high press dan kerusakan pada Compressor. Coba perhatikan apakah kipas hidup saat AC dihidupkan. Jika tidak, maka segera ganti.
5. Hindari merokok di dalam mobil
Memang sangat menyenangkan merokok saat mengemudi namun hal ini dapat menimbulkan bau yang tidak sedap pada mobil anda dan nikotin dari rokok yang berlendir serta lengket akan mengotori Evaporator.
6. Jangan memaksimalkan beban
Jangan menurunkan temperatur AC saat kendaraan melaju kencang karena akan memaksimalkan beban pada AC.
7. Nyalakan AC setelah mobil stabil
Pastikan untuk menghidupkan mesin terlebih dahulu dan membuat mobil stabil sebelum menghidupkan AC. Begitu pula sebalinya, usahakan untuk mematikan AC sebelum mematikan mesin mobil anda.
8. Hindari pemakaian wewangian yang kurang bermutu
Jika ingin memakai wewangian maka usahakan yang berkualitas karena wewangian yang kurang bermutu dapat menyebabkan bau dan sangat susah untuk di bersihkan.
9. Waspadai gejala AC yang tidak biasa
Segera periksa mobil anda ke bengkel spesialis untuk AC mobil ketika anda menyadari ada gejala aneh seperti AC yang kurang dingin. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan parah yang akan mengakibatkan perbaikan yang memakan biaya lebih tinggi.
10. Lakukan perawatan rutin
Sangat disarankan untuk melakukan perawatan rutin satu tahun sekali pada AC anda. Anda perlu mengganti beberapa bagian pada AC anda seperti Services Blower, Oil Compressor, Evaporator, Receiver Dryer serta kuras Condensor dan Freon. Perawatan rutin berguna untuk memperpanjang umur dari Componen AC anda dan tentu akan membuat anda merasakan udara yang segar pada mobil anda.
Itulah beberapa tips yang bisa anda pakai untuk membuat AC mobil Nissan anda tahan lama serta tidak menimbulkan bau yang tidak sedap di dalam mobil. Dengan merawat AC mobil, anda tidak hanya membersihkan mobil Nissan dari bau yang tak sedap tapi juga merawat kesehatan anda sekeluarga.

Tips Merawat AC Mobil Nissan Anda - GreenOTO Tips Merawat AC Mobil Nissan Anda - GreenOTO Reviewed by GreenOTO on 11:55:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.